03 Juli, 2017

efek teknologi canggih.

tentu kita saat ini kita sangat dekat dengan teknologi, dan teknologi sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat modern saat. 

tujuan teknologi hanya 1, yaitu mempermudah, mempermudah kehidupan tepatnya, namun di balik itu, dampak yang di timbulkan teknologi ini juga banyak! berikut daftarnya .



1.  hilang kemampuan berhitung.



orang yang paling pintar berhitung dahulu kala adalah pedagang.

 jika anda punya ayah atau ibu, kakek atau nenek yang dulunya berprofesi sebagai pedagang, pedangang apapun itu pasti dia pintar berhitung, dan sangat cepat biasanya.

 namun kemampuan itu rasanya hampir saja hilang karena kalkulator. baik yang berupa benda fisik, maupun aplikasi yang diinstall di android. kalkulator lah yang membuat kemampuan berhitung kita hilang. 

2. bersosialisasi. 



sebelum telephone di ciptakan graham bell,  dahulu orang berkomunikasi dengan bertatap muka langsung, setelahnya..... hal itu perlahan mulai di tinggalkan.

 ketika zaman terus berkembang dan handphone tercipta, hal itu mulai di tinggalkan.

ketika handphone dan smarphone di rilis dengan harga yang semakin terjangkau di iringi tumbuhnya penggunaan media sosial yang semakin banyak, hal itu di tinggalkan.

 kini, orang lebih suka berkomunikasi lewat media sosial dan smartphone. dan silaturrahmi mungkin hanya setahun sekali (Lebaran / natalan). 

handphone /  social media memang mendekatkan yang jauh, namun ia menghilangkan 70% kemampuan manusia untuk bersosialisasi.

3. Navigasi.



sebelum online maps (peta online) di ciptakan, orang menghafal peta untuk rute yang di jalani, setelah adanya maps online orang lebih suka menggunakan peta online untuk menentukan arah tujuan,  

bahkan google maps dapat memberitahumu rute tercepat agar sampai ketujuan

 dengan begini, lama-kelamaan kemampuan akan membaca peta dan navigasi akan hilang dengan sendirinya.

4. Mengecek fakta. 



sebelum ada nya internet, orang-orang dahulu menggunakan buku referensi yang ada di perpustaka'an untuk mengecek informasi yang ingin di cari kebenarannya.

semenjak ada nya internet, orang lebih memilih wikipedia untuk mencari tau kebenarannya, padahal wikipedia tidak selalu benar. 

5. Menulis, 



semenjak ada nya mesin ketik, menulis secara perlahan di tinggalkan. ketika komputer di ciptakan, menulis mulai di tinggalkan. setelah adanya handphone, smartphone dan sosial media. menulis hampir saja di tinggalkan.

orang saat ini lebih suka mengetik di gadget ketimbang menulis.

6. mengingat nomer telephone,



karena salah satu kemampuan handphone menyimpan kontak telpon, maka otomatis kita merasa tidak perlu menghafal! memang, mengingat nomer telephone terkesan sepele, tapi itu akan menyelamatkan kita dalam keadaan darurat. seperti kehilangan handphone.

7. Menentukan arah kiblat.



orang-orang dahulu punya metode khusus untuk menentukan arah kiblat,

dan setelah adanya tekhnologi, orang lebih suka menginstall aplikasi penunjuk arah kiblat. 
hal itu kemampuan orang dahulu yang bisa menentukan arah kiblat secara konvensional tidak di miliki orang modern kini, 

lalu bagaimana jika smartphone anda kehabisan baterai dan anda perlu arah kiblat sa'at itu? 

8. Berjalan. 



di sa'at ini, apalagi di wilayah perkota'an. orang sudah malas berjalan karena punya kendara'an untuk menuju tempat yang di inginkan! 

padahal kendara'an lah penyebab polusi yang mencemari udara dan membuat udara yang kita hirup tidak sehat. 

dan berjalan lah yang lebih tepat karena itu cara hidup sehat yang membuat penyakit enggan untuk hinggap.

9. mengeja.

mengeja atau membenarkan kalimat yang salah, juga merupakan kemampuan yang hilang akibat autocorrect, dengan begitu pengguna tidak perlu khawatir jika kalimatnya salah.

tekhnologi tidak buruk untuk kehidupan, namun kita yang tidak bijak dalam menggunakanlah yang menjadikannya buruk. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara menghapus akun gmail secara permanen.

apa anda ingin menghapus akun gmail anda? jika ia, anda berada di tempat yang tepat! tanpa menanyakan apa motifnya , saya yakin and...